Pengembangan Game Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall pada Materi Unggah-Ungguh Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
“Pengembangan Game Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall pada Materi Unggah-Ungguh Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga”
Karunia Dedi Purnama1, Rosyidah Nur Ainy Sanusi2, Pebri Setiawan, S.Kom3
SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
Email: [email protected]1, [email protected]2, [email protected]3
Abstrak
Kondisi pembelajaran saat ini yang semakin maju siswa membutuhkan media pembelajaran yang mendukung yaitu pembelajaran yang fleksibel bisa diakses siswa menggunakan hp. namun penggunaan media pembelajaran masih kurang dan terbatas terutama media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti game pembelajaran. game pembelajaran menggunakan wordwall dapat membantu guru mengembangkan media pembelajaran yang praktis dapat diakses siswa di luar kelas. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan kepraktisan game pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE yang memiliki 6 tahap pengembangan yaitu analyze learner, state objectives, select instructional method, utilize media and materials, require learner participation, evaluate and revise. Hasil uji validitas yang melibatkan ahli media dari jurusan teknik komputer jaringan. Berdasarkan persentase total rata-rata 85% oleh ahli materi maka dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi menggunakan platform wordwall dapat dinyatakan “sangat valid”. Serta hasil penelitian dari uji praktikalitas oleh siswa game pembelajaran menggunakan platform wordwall masuk kategori “sangat praktis” dengan memperoleh jumlah skor rata-rata 92,25 % dengan begitu pembelajaran menggunakan wordwall mendukung proses pembelajaran unggah ungguh basa.
Kata Kunci : Game Pembelajaran, Wordwall, ASSURE
Abstract
Current learning conditions are increasingly advanced, students need learning media that supports learning flexible can be accessed by students using cellphones. However, the use of learning media is still lacking and limited, especially technology-based learning media such as learning games. Learning games using wordwall can help teachers develop practical learning media that students can access outside the classroom. The aim achieved in this research is to determine the feasibility and practicality of this learning game. The type of research used is researchResearch and Development (R&D). The development model used in this research is the ASSURE model which has 6 development stages, namely analyze learner, state objectives, select instructional method, utilize media and materials, require learner participation, evaluate and revise. Results From the validity involving media experts from the computer network engineering department.Based on the total average percentage of 85% by material experts, it can be concluded that the evaluation tool uses a platformwordwall can be declared "very valid". As well as research results from practicality tests by students game learning using the platform wordwall entered the "very practical" category by obtaining an average score of 92.25% by using learning wordwall supports the basic upload learning process.
Keywords: Learning Game, Wordwall, ASSURE
Selengkapnya ...
Unduh Jurnal
Bagikan ke :
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII Menggunakan Model Media LKPD di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII Menggunakan Model Media LKPD di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga Esa Apriaditya1, Rosyidah Nur Ainy Sanus
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA Esa A