ISMUBA
Sejak Awal berdirinya, sekolah dan madrasah Muhammadiyah dirancang sistem pendidikan Islam modern yang integratif-holistik, sehingga menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan umum sesuai jenjangnya, dan agama Islam, Kemuhammadiyahan serta bahasa Arab. Masyarakat menilai dan menaruh harapan besar kepada pendidikan Muhammadiyah justru karena adanya ciri khusus dan keunggulan tersebut. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta harapan masyarakat, maka pendidikan Ismuba di sekolah dan madrasah Muhammadiyah tersebut, dipandang perlu adanya pengembangan kurikulum Ismuba, yang mencakup konsep dan prinsip-prinsip pembelajaran dan penilaian pendidikan Ismuba, standar kompetensi lulusan, standar isi, struktur kurikulum, dan beban belajar.
Visi Pendidikan Muhammadiyah :
Visi Pendidikan Muhammadiyah adalah berkembangnya fungsi pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah mencakup sekolah, madrasah dan pondok pesantren yang berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan, holistik integratif, bertata kelola baik, serta berdaya saing dan berkeunggulan.
Misi Pendidikan Muhammadiyah :
- Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang unggul dan berkemajuan;
- Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang holistik dan integratif yakni mengembangkan potensi akal, hati, dan keterampilan yang seimbang;
- Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang akuntabel dan inklusif;
- Menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang didukung iptek dan imtak.
Tujuan Pendidikan Muhammadiyah :
- Terciptannya tranformasi (perubahan cepat kearah kemajuan) tata kelola Sekolah, Madrasah, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah pada semua jenjang yang dilakukan secara baik, maju, professional, dan modern.
- Berkembangnya sistem gerakan dan tata kelola Sekolah, madrasah, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah yang berkualitas utama bagi terciptanya kondisi dan factor-faktor pendukung terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-sebenarnya.
- Berkembangnya peran strategis Sekolah, Madrasah, dan Pondok Pesantren Muhammadiyah secara kualitatif dalam kehidupan umat, bangsa, dan dinamika global.
Landasan Hukum Kurikulum ISMUBA :
Surat Keputusan Majlis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor : 98/KEP/I.4/F/2017 tentang Pemberlakuan Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA).
Struktur Kurikulum ISMUBA SMA/SMK Muhammadiyah :
Bagikan ke :
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Tracer Study
Tracer Study SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga https://tracervokasi.kemdikbud.go.id/ *Hanya untuk lulusan tahun 2023 Ayo, Sukseskan Tracer Study Vokasi 2024 ARAHAN DIREKTUR JENDERAL
SARPRAS
TANGGUNG JAWAB : Bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan kegiatan Bidang Sarana Prasarana Sekolah dan K7 (Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan, Keamanan,
HUMAS
TANGGUNGJAWAB : Bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah atas terwujudnya kerjasama dengan DU/DI dan instansi terkait. WEWENANG : Menyusun program dan melakukan kegiatan promosi, komunika
KESISWAAN
TANGGUNG JAWAB : Bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan PPDB dan kegiatan Bidang kesiswaan. Bertanggungjawab kepada Kepala sekolah dan membina, memberdayakan dan
KURIKULUM
SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga telah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021 pada tanggal 28 Juni 2021 melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementeria
Ydgvdnfkfkebevdbdkx