PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA
Esa Apriaditya1, Rosyidah Nur Ainy Sanusi 2, Widyasmara Tunggadewi3
SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah
E-mail: [email protected]1 , [email protected]2 , [email protected]3
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada saat pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 77 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner) dan obsecrvasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis Mann Whitney U. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Mann Whitney U diperoleh nilai signifikan > 0,05 sehingga terdapat perbedaan motivasi belajar Bahasa Indonesia yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik apabila sudah memiliki motivasi yang datangnya dari dalam atau disebut motivasi instrinsik maka bagaimanapun bentuk pembelajarannya baik pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran tatap muka peserta didik akan memiliki motivasi yang tinggi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia . Sedangkan apabila motivasi itu datangnya dari luar seperti variasi pembelajaran, model – model cara pemecahan masalah peserta didik lebih termotivasi jika berada di dalam kelas dengan harapan saat pembelajaran tatap muka peserta didik saling membutuhkan teman – temannya dan guru.
Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Tatap Muka
Selengkapnya ...
Bagikan ke :
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pengembangan Game Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall pada Materi Unggah-Ungguh Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
“Pengembangan Game Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall pada Materi Unggah-Ungguh Basa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga” Karunia Dedi Purnama1, Rosyi
Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII Menggunakan Model Media LKPD di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga
Peningkatan Keterampilan Menulis Isi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas XII Menggunakan Model Media LKPD di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga Esa Apriaditya1, Rosyidah Nur Ainy Sanus